Kata “sabar” di mataku

Cinta itu luar biasa. Kalau kita mencintai Allah, tahulah semuanya kalau kita diperintah sabar dalam menjalani hidup di dunia. Aku termasuk orang yang sedang belajar tahu dan mengerti apa makna sabar yang sesungguhnya. Tidak dengan kata-kata. Sabar itu sebuah kata yang banyak diucapkan orang. Meskipun begitu, aku masih tetap saja belum tuntas dalam belajar sabar.

Sabar itu sikapnya. Benar atau tidak sikap kita selama ini? Hidup ini penuh dengan ujian yang diberikan dengan banyak bentuknya. Suatu saat kita mendapat kemudahan dalam mencari rejeki. Di saat lain, kita seperti menemui jalan buntu. Tidak ada celah bagi kita untuk mendapatkan rejeki sesuai dengan angan-angan kita. Sering kali kita merasakan mudahnya melakukan pekerjaan atau belajar. Ada kalanya kita merasa pikiran beku. Tidak ada yang mudah dalam hidup ini. Itulah yang akhirnya kita percaya. Belajar dari kenyataan hidup semacam inilah yang perlu dilakukan. Setiap detik kita berpikir. Kita harus memecahkan masalah dalam pikiran dan perasaan kita. Sabar itu diawali mulai dari dalam diri sendiri. Apakah sikap kita menunjukkan sikap tenang dan tidak sedang buru-buru? Apakah kata-kata kita halus dan santun? Apakah pikiran kita masih cerdas? Apakah kita merasa bahagia? Fakta yang menjawabnya.

Marah adalah tanda tidak sabar. Galau pasti bukan sabar namanya. Perasan yang resah dan gelisah, sepertinya kita sedang lupa sesuatu, menjadi kondisi pasti kalau pelajaran sabar belum merasuk di dalam pribadi. Orang yang terburu-buru dalam menetapkan suatu keputusan tidak termasuk sabar, sering kali menyesal di akhirnya.

Sabar itu harus terbukti dalam perbuatan. Karena hidup sukses selalu direncanakan, maka sabar harus menjadi bekalnya. Kesulitan dan masalah bisa diatasi. Tidak ada yang tidak mungkin. Sabar menunggu waktunya. Menahan diri tidak ‘menyembah’ emosi juga menjadi syarat sebuah kesabaran. Tidak cepat berprasangka. Jangan terlalu dipercaya pada satu pikiran yang berkelebat dengan cepat di kepala. Sabar itu bisa menunggu.

Bukti kesabaran ada di ketegasan sikap dan keuletan untuk berjuang. Keberhasilan itu jarang muncul dengan mudahnya. “Easy come, easy go!” Itu peribahasa yang berkaitan dengan nasehat kesabaran. Sukses yang sebenarnya selalu penuh tantangan. Apakah kita mau melepaskan asa dan harapan yang kita miliki dalam hidup ini? Buktikan kalau memang mau! Tugas utama kita adalah hidup yang lebih baik.

Aku mengerti arti kata sabar. Aku hanya mau membuktikan sabar itu dalam pikiran, perasaan, kata-kata, sikap dan amal perbuatan. There will be a real time for me to really be proud of what I take. Jangan heran kalau aku memakai bahasa Inggris. Aku sabar selama aku belajar. Aku tidak pernah mengatakan tidak bisa. Aku bisa sabar.

015
Be patient in everything you do. You are the winner.

 

Author: Kopi Hitam

"True enrichment does not come through possessing a lot of wealth, but true enrichment is the enrichment of the soul." (Saheeh Al-Bukhari)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: