That’s it. Thanks.

Kadang. Eh, bukan hanya kadang, namun sering kali kita tidak pandai berterima kasih terhadap apa saja yang kita nikmati. Bisa saja kita memperolehnya sendiri, ataupun kalau seseorang berbaik hati untuk membantu kita dan menyebabkan kegembiraan dalam hidup kita. Dan, kita pintar sekali mengabaikan setiap nikmat yang ada dalam genggaman. Kita menganggap wajar datangnya nikmat itu, dan sudah mengagnggap lumrah saja keberhasilan hidup ini sebagai wajarnya matahari terbit dari timur dan terbenam di ufuk barat sana.

wp-image--1490644167Untuk diri sendiri, kita gak suka bersyukur dengan bilang, “That’s it. Thank!”  Berterima kepada diri sendiri jarang, kepada orang lain ogah. Dan kepada Tuhan kita sering lupa. Ada apa dengan kita? Begitu rupa keadaaan yang terjadi. Padahal, kalau kita ditimpa sedikit saja masalah hidup, kita berkeluh-kesah tak ada habisnya. Sedikit dinikmati. Kalau semakin besar yang harus benar-benar syukurnya. Bukti itu ada dalam kata-kata, sikap dan perbuatan.

Ilmu psikologi modern menyatakan kalau rasa terima kasih menjadi salah syarat orang bisa bahagia. Sementara itu, kalau kita membaca Al-Quran, rasa tidak puas dan ditambahi dengan iri dan dengki serta disambung dengan keluh kesah akan bisa merusak kebahagiaan. Tidak mungkin ada putusnya. Kesehatan hidup manusia itu ada pada pikiran dan perasaannya. Bahkan banyak penyakit jasmani juga ikut menggerogoti kalau kita tidak pernah memiliki pikiran yang tenang dan hati yang lapang. Persoalan hidup ini biasa saja. Ikhlas saja dalam perjalanan ini, kita akan bisa berbahagia.

That’s it. Thank. Sudah membaca tulisan saya.

Author: Secangkir Kopi

Aku? Tidak ada bedanya dengan orang lainnya. Aku manusia dedel kata temanku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: