Pesan untuk mereka yang belajar bahasa Inggris

Cukup banyak orang yang menjadi bangga, sangat bangga ketika mereka belajar bahasa Inggris dan mampu menggunakannya. Sementara itu, tidak sedikit jumlahnya orang yang sama sekali tidak merasa senang ketika harus belajar bahasa Inggris. Kelompok kedua ini sering kali tidak sanggup untuk merasa bangga ataupun senang dengan hasil belajarnya.

Dua perbedaan yang saya sebutkan di atas sangat wajar dan mudah ditemui di mana saja. Bahasa sebagai internasional telah dijadikan motivasi belajar yang tidak terlalu ampuh untuk mendorong kemajuan belajar. Kegunaan bahasa tersebut di dunia kerja, yaitu setelah mereka lulus sekolah nantinya pun tidak membuat banyak orang tertarik untuk benar-benar menekuni bahasa asing tersebut. Pada kenyataannya, mereka yang belajar bahasa Inggris tidak pernah mau menggunakannya baik di dalam maupun di luar kelas. Di sekolah, bahasa Inggris juga sama sekali tidak digunakan sebagai alat komunikasi antara guru dan siswa.

Kondisi pembelajaran bahasa Inggris selama ini memang dirasakan cukup memprihatinkan, terutama di kota-kota kecil, apalagi di pelosok daerah. Sangat jarang ditemui orang yang mahir berbahasa Inggris, meskipun masa belajar mereka sudah lebih dari enam tahun. Benar-benar mengenaskan. Para pelajar seakan melupakan begitu saja apa-apa yang mereka pelajari di kelas bersama bapak dan ibu guru mereka.

Sederhana pesan saya kepada mereka yang tengah rajin belajar bahasa Inggris di mana saja: “Pelajarilah bahasa Inggris untuk segera memakainya sebagai alat komunikasi di antara sesama. Kecuali mau menggunakan sebagai alat komunikasi, maka belajar bahasa apa saja akan sia-sia. Perlu kiranya kita mencari tambahan motivasi yang mendorong kita untuk tahu dan meyakini tujuan kita belajar bahasa Inggris tersebut.”

Author: Kopi Hitam

"True enrichment does not come through possessing a lot of wealth, but true enrichment is the enrichment of the soul." (Saheeh Al-Bukhari)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: